Tanda Dan Gejala Varises Esofagus

Selamat datang kembali di website kesehatan www.walatrajellygamatrasajeruk.web.id. Disini Anda bisa mencari informasi-informasi penting seputar kesehatan yang sangat bermanfaat bagi anda. Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Tanda Dan Gejala Varises Esofagus.

Tanda Dan Gejala Varises Esofagus

Tanda Dan Gejala Varises Esofagus -Apa itu Varises Esofagus ? Varises esofagus adalah pembuluh darah bengkak di kerongkongan atau di dalam tabung yang menghubungkan mulut ke perut. Varises esofagus dapat muncul pada orang dengan penyakit hati yang serius.

Varises esofagus berkembang sebagai komplikasi dari peningkatan tekanan darah yang berkelanjutan di hati (hipertensi portal), yang paling sering ditemukan pada sirosis hati. Masalah utama dengan varises kerongkongan adalah risiko pendarahan. Jika varises yang tidak terdiagnosis atau tidak diobati, varises esofagus dapat pecah dan menyebabkan perdarahan yang mengancam jiwa.

Apa Saja Tanda Dan Gejala Varises Esofagus

Varises esofagus tidak menyebabkan gejala kecuali jika bocor atau pecah. Varises Esofagus yang bocor menyebabkan pendarahan yang bisa sangat serius. Meskipun pendarahan dari varises Esofagus mungkin tidak parah dan mungkin berhenti dengan sendirinya, kejadian perdarahan pertama kali dapat menyebabkan kematian pada beberapa kasus. Tanda dan gejala akibat pendarahan varises esofagus bisa meliputi :

  • Muntah darah
  • Gerakan usus berwarna gelap tau hitam
  • Merasa pusing dan pingsan
  • Detak jantung cepat
  • Ringan kepala
  • Tekanan darah rendah

Meskipun Banyak orang dengan penyakit hati lanjut mengembangkan varises esofagus, kebanyakan tidak mengalami pendarahan. Varises esofagus lebih cenderung berdarah jika anda memiliki :

  • Tekanan vena portal yang tinggi. Risiko perdarahan meningkat dengan jumlah tekanan pada vena portal (hipertensi portal).
  • Varises besar. Semakin besar varices, semakin besar kemungkinannya untuk berdarah.
  • Tanda merah pada varices. Bila dilihat melalui endoskopi yang melewati tenggorokan Anda, beberapa varises menunjukkan garis-garis merah panjang atau bintik merah. Tanda ini menunjukkan adanya risiko perdarahan yang tinggi.
  • Sirosis parah atau gagal hati. Paling sering, semakin parah penyakit hati Anda, semakin besar kemungkinan varises untuk berdarah.

Itulah beberapa tanda dan gejala varises esofagus yang perlu anda mengetahuinya dan jika anda mengalami gejala gejala seperti di atas akibat pendarahan varises esofagus, maka segeralah tangani atau kunjungi dokter agar mendapat  penanganan lebih lanjut. Sampai disini dulu penjelasan dari kami menganai tanda dan gejala varises esofagus. Terimakasih, semoga artikel ini sangat bermanfaat untuk kita semua.

Baca juga :

Cara Mengobati Varises Esofagus Secara Alami

Posted by :

Walatra Jelly Gamat Rasa Jeruk

Tanda Dan Gejala Varises Esofagus