Pengertian, Penyebab Dan Gejala Gigi Hipersensitif

Pengertian, Penyebab Dan Gejala Gigi Hipersensitif

Pengertian, Penyebab Dan Gejala Gigi Hipersensitif -Apa itu gigi hipersesitif ? Gigi hipersensitif yang sering di sebut gigi sensitif adalah suatu kondisi yang dapat menebabkan nyeri pendek dan tajam yang berasal dari gigi terpapar (lapisan jaringan yang ditemukan di bawah enamel keras yang mengandung pulpa bagian dalam). Seseorang dengan gigi sensitif mungkin terasa sakit bila dipicu dengan makanan yang dingin, panas, asam, atau manis.

bagian terbesar jaringan keras gigi mengandung ribuan tabung mikroskopis, yang disebut tubulus dentin, yang menghubungkan bagian luar gigi ke ujung saraf. Ketika gigi kehilangan perlindungan dari resesi gusi, tubulus ini terpapar ke luar, memungkinkan rangsangan eksternal mencapai ujung saraf dan menyebabkan rasa sakit.

Penyebab Gigi hipersensitif

penyebab berikutini berpotensi memicu Sensitivitas Gigi. Ini cenderung berhubungan dengan gaya hidup pasien dan kebiasaan kebersihan mulut sehari-hari. Inilah beberapa penyebab yang membuat gigi hipersensitif :

  • Makanan dan minuman asam/dingin (jus sitrat, minuman ringan berkarbonasi, dll.) Menyebabkan decalcification gigi atau erosi, terutama pada tingkat leher.
  • Perawatan periodontal, terutama operasi, bisa menghilangkan sebagian dari gusi, yang menyebabkan resesi gingiva.
  • Kekuatan menyikat dan / atau frekuensi yang tidak memadai dan pasta gigi yang sangat abrasif dapat menyebabkan abrasi pada enamel dan / atau sementum, hal ini juga dapat menyebabkan sensitivitas pada gigi.
  • memiliki plak yang berlebihan. Tujuan flossing dan menyikat gigi adalah membuang plak yang terbentuk setelah Anda makan. Penumpukan plak yang berlebihan dapat menyebabkan enamel gigi hilang. Dan gigi Anda bisa menjadi lebih sensitif karena kehilangan perlindungan yang diberikan oleh enamel.

Gejala yang mungkin terjadi dengan Gigi Hipersensitif

Gigi sensitif mungkin menyertai gejala lain, yang bervariasi tergantung pada penyakit, gangguan atau kondisi yang mendasarinya. Gejala yang sering menyerang gigi mungkin juga melibatkan sistem tubuh lainnya. Gigi sensitif bisa menyertai gejala lain yang mempengaruhi mulut diantaranya :

  • Bau mulut (halitosis)
  • Perubahan rasa
  • Pus atau debit
  • Mengencingi gusi
  • Kemerahan dan pembengkakan gusi

Hanya dokter gigi yang bisa memastikan bahwa Anda memiliki gigi hipersensitif (hipersensitivitas dentin). Jika Anda mengalami masalah gigi, berkonsultasilah dengan dokter gigi Anda. Dan jika Anda mengalami gigi hipersensitif, Anda dapat membantu meminimalkan paparan dentin lebih lanjut, merawat gigi sensitif Anda dan meredakan gejala dengan membuat beberapa perubahan sederhana pada rutinitas perawatan rutin dan kebiasaan sehari-hari Anda.

Intulah infoemasi tentang Pengertian, Penyebab Dan Gejala Gigi Hipersensitif yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan adanya artikel ini, kami bisa membantu anda dalam mencegah terjadinya gigi sensitif dan menjaga gigi anda agar tetap sehat. Terimakasih, Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Radang Lidah

Posted by: Walatra jelly Gamat Rasa Jeruk

Pengertian, Penyebab Dan Gejala Gigi Hipersensitif