Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Radang Mulut ?

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Radang Mulut ?

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Radang Mulut ? -Radang mulut merupakan masalah medis yang di sebabkan oleh infeksi virus, bakteri, iritasi fisik atau kimia, atau reaksi alergi. Radang mulut bervariasi dalam penampilan dan ukuran dan dapat mempengaruhi bagian mulut manapun, termasuk bibir, gusi dan bagian dalam pipi. Orang mungkin mengalami pembengkakan dan kemerahan pada lapisan mulut, atau borok yang menyakitkan.

Penyebab lazim terjadinya peradangan di mulut adalah ulkus. Ulkus adalah lubang yang terbentuk di lapisan mulut saat lapisan atas sel rusak. Banyak ulkus tampak merah, tapi ada juga yang Tampak putih karena sel-sel mati dan sisa makanan di bagian tengahnya. Beberapa luka diangkat dan diisi dengan cairan, dalam hal ini disebut vesikula atau bula, tergantung bentuk dan ukurannya.  Mulut bisa terlihat normal meski orang memiliki gejala radang mulut.

Jenis peradangan mulut

Ada dua jenis jenis peradangan pada mulut yaitu, Akut dan kronis.

Peradangan akut pada mulut biasanya sembuh dalam beberapa hari. Misalnya, jika Anda membakar atap mulut dengan kopi yang terlalu panas, Anda mungkin merasa bahwa daerah yang terbakar itu merah, bengkak, panas, dan menyakitkan. Peradangan ini normal, dan akan membantu menyembuhkan daerah yang terbakar. Setelah beberapa hari, itu akan hilang.

Peradangan kronis pada mulut bisa berlangsung lama, dan dapat berkontribusi pada masalah kesehatan serius seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dan bahkan beberapa bentuk kanker. Peradangan jenis ini paling sering disebabkan oleh penyakit gusi (periodontal) , dan terjadi saat tubuh Anda mencoba mengeluarkan bakteri mulut yang menyebabkan infeksi pada gusi. Seiring waktu, jenis peradangan ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada gusi, tulang, dan struktur yang mendukung gigi. Kasus yang parah akhirnya bisa menyebabkan hilangnya gigi.

Penyebab terjadinya penyakit radang pada mulut

Seringkali penyebab radang mulut tidak diketahui. Tetapi secara umum, karena aliran air liur yang normal membantu melindungi lapisan mulut, setiap kondisi yang menurunkan produksi air liur membuat luka mulut lebih mungkin terjadi.

Penyebab paling umum terjadinya radang pada mulut :

  • Stomatitis aphthous berulang (sariawan)
  • Infeksi virus (terutama herpes simpleks dan herpes zoster)
  • Infeksi lain (disebabkan oleh jamur atau bakteri)
  • Cedera atau iritasi makanan atau bahan kimia
  • Penggunaan tembakau
  • Obat-obatan (terutama obat kemoterapi) dan terapi radiasi
  • Gangguan sistemik

Itulah sebagian informasi tentang penyakit radang pada mulut yang dapat kami sampaikan. Demikianlah informasi dari kami mengenai  Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Radang Mulut ?. Terimakasih, Semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi kita semua, terutama yang membacanya.

Baca juga artikel lainnya :

Ciri Dan Gejala Radang Pada Mulut

Posted By : Walatra Jelly Gamat Rasa Jeruk

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Radang Mulut ?